Wednesday, February 4, 2015

Tips Food Combining Untuk Pemula


Food Combining:
Bukan Program diet-dietan menahan lapar, bukan program kurus-kurusan, dan bukan program dengan tujuan mengobati... 

Food Combining (FC) adalah POLA MAKAN HARIAN, (Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam) yang mencari keseimbangan dalam tubuh. Bertujuan untuk membentuk PH darah yang netral antara acid-base (asam-basa), dan mengkondisikan Homeostatis tubuh (Homeostasis = kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana semua sistem tubuh bekerja optimal untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh.)
Kenapa parameternya melalui PH tubuh? Simple, karena kondisi tubuh yang sehat dengan fungsi yang normal, memiliki PH netral...


Lalu, kenapa Food Combining?
Masalahnya adalah paduan dan pola makan dewasa ini cenderung menghasilakan PH ke arah yang asam (acid) dan menjadi pemicu masalah-masalah kesehatan dari yang ringan hingga yang fatal.
Solusinya? Mengembalikan kadar PH menjadi netral, dengan mengkonsumsi asupan pembentuk basa seperti buah dan sayuran sayuran segar, dan menghindari atau setidaknya meminimalkan asupan pembentuk asam.

Rumit?
Tidak juga, dasarnya hanya perlu memperhatikan padu padan asupan makanannya, cara mengkonsumsinya, dan waktu yang tepat untuk mongkonsumsinya. Semua dapat diterapkan dengan "sedikit memodifikasi" asupan dan kebiasaan makanan harian.

Sedikit reminder untuk pola dasar dari Food Combining;

1.      Konsumsi air hangat dengan perasan jeruk nipis/lemon sesaat setelah bangun pagi.
2.     Sarapan hanya buah2an pagi hari hingga jelang siang, agar tidak membebani saluran cerna di   fase "pembuangan"
3.      Menghindari mempertemukan Karbohidrat Pati dengan Protein Hewani. Pertemuan keduanya dalam satu waktu makan akan memberatkan saluran cerna dan akan menghasilkan PH tubuh asam.
4.      Minum hanya air putih berkualitas 2.5-3 liter perhari, hindari minum berlebihan setelah makan.
5.      Kunyahan yang banyak; membantu meringankan dan mengoptimalkan kualitas asupan makanan.

Juga perlu dipahami sedikit mengenai siklus harian tubuh manusia terkait pola makannya
"You are what you eat"
Apapun yang menjadi asupan harian akan menentukan kualitas kesehatan. Termasuk berat badan, yang akan mencari titik berat idealnya secara otomatis.

Source: Franciscus Halim/ Member of FCI (Food Combining Indonesia) 

Sumber foto : google
Indonesianversion

4 comments:

  1. Mbak Andre, FC kan baru-baru ini saya kenal, dan selama ini yang saya ketahui pola makan yang seimbang yaitu terdiri dari zat tenaga (karbohidrat yg terdapat pada nasi, jagung, gandum), zat pembangun (protein yg terdapat di lauk pauk), dan zat pengatur (serat yg terdapat di sayur dan tumbuhan). Dari pengamatan yg saya lakukan, FC didominasi oleh makanan sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini apakah asupan zat yg lainnya menjadi tidak terpenuhi??

    ReplyDelete
  2. Di dalam FC tidak dilarang makan nasi, hanya saja padu padannya harus sesuai. Nasi dipadu padan dengan sayuran mentah dan protein nabati. Jika nasi dikonsumsi secara langsung dengan protein hewani akan memperberat kerja organ tubuh. Mengapa mengkonsumsi sayuran mentah ditekankan ? karena sayuran mentah dan buah-buahan adalah makanan pembentuk BASA tubuh, karena tubuh yang sehat dalam kondisi yang tinggi dibanding ASAM yang tinggi.

    ReplyDelete
  3. Pagi mb andreas. Saya nova, pemula dalam food combining, masuk hari ke 11 mbak. Hehe
    Penasaran mbak, bolehkah dalam fc konsumsi nasi baik di makan siang dan makan malam, artinya tidak ada ptotein hewani yang masuk hari itu? Atau bolehkah di salah satu makannya misal makan malam kita makan nasi dan sayur dulu dua jam krmudian kita makan protein hewani? Soalnya kadang saya masih merasa lapar kalau tidak makan nasi. Trims mbak sarannya.

    ReplyDelete
  4. boleh makan siang dan malam ambil paket nasi pronab raw vegetable. kalo mo ambil paket protein hewani sebaiknya untuk menu siang hari secara untuk mencerna protein hewani butuh waktu yg lbh lama.

    ReplyDelete