Friday, June 5, 2015

Food Combining Di Bulan Ramadhan

Food Combining Di Bulan Ramadhan

FOODCOMBININGINTERNATIONAL- Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memulai hidup sehat dengan menerapkan metode food combining. STOP segera aksi kebiasaan ' Balas Dendam '  ketika berbuka puasa dari menyantap makanan dan minuman yang kurang berkualitas.

Food combining saat berpuasa, bagaimana caranya? apa manfaatnya? secara umum petunjuk pelaksanaan (JUKLAK) food combining di bulan ramadhan dan hari-hari biasa tidak berbeda jauh, hanya saja di bulan ramadhan kita dianjurkan bangun lebih awal di pagi hari (karena bertepatan dengan jadwal sahur).

Adapun manfaatnya sama seperti menjalankan food combining di hari-hari seperti biasanya. Untuk memudahkan pembaca, kali ini Foodcombininginternational akan menampilkan jadwal sederhana mengenai Food Combining di Bulan Ramadhan, biar stamina kuat, ibadah pun semangat, ayo cek satu-satu..

  • Sahur
Jeniper
Bangun tidur bisa dimulai pukul 03.00 wib, seperti biasa langsung minum 1 gelas JENIPER (1 gelas air hangat dicampur 1 buah perasan jeruk nipis).

Tunggu 5 menit lalu ambil wudhu bisa dilanjutkan sholat qiyamullail atau mengaji (tujuannya selain ibadah mengharap redha dan pahala dari Allah, juga menjadi jeda waktu antara setelah minum jeniper dan memulai konsumsi makan buah segar di pagi hari).
 
Sarapan Buah

Minum air putih 1 gelas, dilanjut makan buah-buahan segar minimal 3 jenis (misal strawberry, pepaya, pear atau jambu, mangga, salak. Terserah anda padu padan buahnya tergantung stok buah yang ada, tidak harus buah import, buah lokal pun okay)
Nasi + oseng2 +raw vegetables

 
Protein hewani (ayam) + sambel + raw vegetables

Tunggu sekitar 10 -15 menit, setelah itu baru makan utama. Menu makan seperti biasanya sesuai dengan JUKLAK food combining. Misal paket pertama nasi +  raw vegetables (sayuran mentah) + oseng tahu/tempe/jamur/ atau pilih paket ke dua raw vegetables + prothein hewani (ikan/telur/ayam/cumi, pilih salah satu).


Makan seperti biasa tidak perlu tergesa-gesa (pastikan anda tahu kapan masuk waktu imsyak atau sholat subhuh).
 
Air putih

Minum air putih secukupnya sebelum masuk waktu sholat subhuh, untuk mengurangi dehidrasi di siang hari.

Dilanjut sholat subhuh. Setelah sholat subhuh silahkan lanjutkan aktivitas seperti biasanya (misal mengaji, baca buku, atau melakukan rutinitas harian). Silahkan tingkatkan saldo amal di bulan Ramadhan, anda sendiri yang menentukan.


  • Berbuka
Berbuka puasa dimulai dengan segelas air hangat, agar lambung yang seharian kosong segera kendor dan rilexs, ingat bukan es atau aneka cendol yaa.

Kalau biasanya sebelum ikut food combining aneka jajan pasar ramadhan masuk ke perut kita, kali ini cukup dimulai dengan konsumsi buah-buahan segar 1-5  jenis buah-buahan (tergantung selera, stok buah dan paling utama tergantung dompet anda hehe).

Setelah konsumsi buah bisa dilanjut dengan minum air putih.Lalu kemudian menunaikan sholat maghrib.

Setelah sholat maghrib silahkan makan malam seperti biasanya sesuai juklak. Jangan lupa untuk minum air putih agar cadangan air dalam tubuh tercukupi

Dilanjut sholat isya dan taraweh.

Jus Sayuran
Setelah pulang taraweh jika masih lapar, bisa makan buah-buahan atau minum jus sayuran sebagai penutup malam hari

Tetap jaga pola tidur .


Nah simple bukan  pola makan Food Combining di Bulan Ramadhan?stamina tetap terjaga, badan sehat, ibadah pun semakin kuat.

Sumber foto:Google 
Indonesian Version 

0 comments:

Post a Comment